Jadwal Imsyakiyah Ramadhan 1441 H/2020

Jum'at, 24 April 2020 - 15:00 WIB
click to zoom

Ramadhan adalah bulan yang dinanti oleh umat Islam. Di bulan yang mulia ini, Allah SWT melipatgandakan semua amal ibadah kaum muslim. Allah SWT juga membuka pintu ampunan selebar-lebarnya pada semua hambanya yang ingin bertaubat.

Rasulullah Saw. bersada,"Telah datang kepada kalian bulan Ramadan. Bulan yang penuh berkah. Di dalamnya, Allah mewajibkan puasa bagi kalian, pintu-pintu Surga dibuka lebar, pintu-pintu Neraka ditutup rapat, setan-setan dibelenggu. Di dalamnya juga terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan; barang siapa yang tidak mendapatkan kebaikannya, sungguh ia tidak mendapatkan kebaikan." (HR. Ahmad, Al-Baihaqi, dan Al-Nasai).

BACA JUGA :

SIDANG ISBAT RAMADHAN 1441 H AKAN DISIARKAN SECARA LIVE STREAMING

KETENTUAN WAJIB ATAU TIDAK QODHO DAN FIDYAH PUASA RAMADHAN

Di bulan yang penuh berkah ini Allah SWT juga mewajibkan umat Islam untuk berpuasa, yaitu menahan diriuntuk tidakmakan, minum, menuruti hawa nafsu dan perbuatan buruk, serta hal lainnyayang dapat membatalkanpuasa. Puasa dimulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari yang disertai dengan niat karena Allah SWT, dengan syarat dan rukun tertentu. Karena adanya waktu dalam pelaksannan ibadah puasa ini, maka kita memerlukan jadwal imsakiyah sebagai panduan waktu berpuasa. Simak jadwal imsakiyah di infografis.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!