Seluk Beluk Teknologi Pembuatan Vaksin Bisa Lebih Cepat

Rabu, 11 November 2020 - 18:00 WIB
click to zoom
Saat ini kemajuan teknologi dapat meningkatkan penemuan vaksin lebih cepat , pengetahuan tentang seluk beluk vaksin memang bukan konsumsi orang awam selama ini. Teknologi, sumber daya, dan infrastrukturnya hanya diketahui segelintir orang yakni peneliti dan produsen vaksin itu sendiri, serta komunitas ilmuan. Tidak pelak hal ini menimbulkan keraguan di benak masyarakat, apakah mungkin dalam waktu singkat sebuah vaksin bisa diciptakan.

Demi menjawab keraguan tersebut, dalam acara Dialog Inspirasi bertajuk Tata Cara Penemuan Vaksin yang diselenggarakan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Senin (2/10), telah menghadirkan Prof. Ngurah Mahardika, Ahli Virologi Universitas Udayana yang mengetahui betul seluk beluk pembuatan vaksin dari awal.

BACA JUGA:

ROADMAP VAKSINASI NASIONAL DI FINALISASI PEMERINTAH

UNICEF: PERBEDAAN ANTARA VAKSIN, VAKSINASI DAN IMUNISASI

“Zaman dahulu tentu harus dapat agennya dulu yang murni. Setelah itu diperbanyak, dan kemudian baru disiapkan sebagai vaksin . Itu yang menempuh waktu yang lama. Zaman sekarang, teknologi telah memungkinkan kita melakukannya dengan cepat.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!