AS Peringatkan Iran: 100 Meter dari Kapal Perang AS Dianggap Ancaman

Sabtu, 23 Mei 2020 - 11:30 WIB
click to zoom

Dalam peringatan yang tampaknya diarahkan untuk Iran, Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) mengeluarkan peringatan agar semua marinir di Teluk menjaga jarak 100 meter dari kapal perang AS atau berisiko dianggap ancaman dan jadi target langkah pertahanan legal.

Peringatan untuk semua marinir itu pertama kali dilaporkan olehReuterssetelah ancaman Presiden AS Donald Trump untuk menembak kapal Iran manapun yang melecehkan kapal AL AS. “Kapal bersenjata mendekat dalam 100 meter dari kapal Angkatan Laut AS mungkin dianggap sebagai ancaman,” papar teks peringatan tersebut.

BACA JUGA PEMERINTAH GUYUR RP149,3 T UNTUK PULIHKAN BUMN TERDAMPAK CORONA NINJA KELAHIRAN INDONESIA JADI PERBINCANGAN DUNIA

Sumber pejabat AS menyatakan peringatan baru untuk para marinir itu bukan perubahan dalam aturan militer AS. Pentagon menyatakan ancaman Trump itu berarti untuk menegaskan hak AL untuk membela diri. Komando Pusat Pasukan AL AS yang berbasis di Bahrain menyatakan, “Peringatan itu didesain untuk meningkatkan keselamatan, meminimalkan ambiguitas dan mengurangi risiko miskalkulasi.”

Selengkapnya lihat infografis.

(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!