Kemenangan Biden atau Trump Ditentukan 5 Negara Bagian Ini

Kamis, 05 November 2020 - 15:00 WIB
click to zoom

Joe Biden meraih 264 electoral votes dalam quick count pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS). Calon presiden (capres) Partai Demokrat tersebut unggul sementara atas capres petahana Partai Republik Donald Trump yang meraih 214 electoral votes. Untuk menang pilpres Amerika, seorang capres minimal harus meraih 270 electoral votes.

Masih ada lima negara bagian AS yang belum rampung penghitungan suaranya. Hasil hitung suara di lima negara bagian itu akan menentukan apakah Biden atau Trump yang menang pilpres, karena total electoral votes yang diperebutkan di lima negara bagian itu mencapai 60. Lima negara bagian itu adalah Nevada (6 electoral votes), Alaska (3 electoral votes), Pennsylvania (20 electoral votes), North Carolina (15 electoral votes) dan Georgia (16 electoral votes).

BACA JUGA :

BIDEN: PEMENANG DITENTUKAN SETELAH PERHITUNGAN SUARA SELESAI

MOMENTUM AMERIKA SERIKAT KOKOHKAN DIRI JADI PENGUASA DUNIA

Jika penghitungan suara di lima negara bagian itu dimenangkan Trump, maka capres petahana ini bisa meraih 274 electoral votes dan otomatis menang. Namun, peluang itu bisa juga dimiliki Biden. Joe Biden yang berpasangan dengan Kamala Harris dan Donald Trump yang berpasangan dengan Mike Pence sama-sama mengklaim telah menang pilpres . Selengkapnya simak infografis.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!