Hati-hati saat Mengonsumsi, 5 Bahan Makanan Mengandung Sianida

Minggu, 01 Oktober 2023 - 11:29 WIB
click to zoom

Racun sianida tengah jadi sorotan menyusul tayangnya film dokumenter yang menyoal kasus pembunuhan Jessica Wongso terhadap sahabatnya, Wayan Mirna, dengan racun tersebut yang diendapkan melalui es kopi. Film berjudul Ice Cold: Murder, Coffee and Jessica Wongso yang tayang di Netflix itu kini menuai kontroversi.

Baca juga: 7 Daun Berkhasiat Turunkan Panas pada Bayi, Manjur dan Efektif

Terkait sianida, apa sih sebenarnya cairan beracun itu? Mengutip laman CDC, Sabtu (30/9/2023), sianida adalah bahan kimia yang bekerja secara cepat dan berpotensi mematikan karena mengganggu kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen. Racun sianida juga dapat masuk ke dalam tubuh dari zat alami di beberapa makanan yang kita konsumsi.

Baca juga: Khasiat Teh Kombucha, Turunkan Gula Darah Penderita Diabetes

1. Biji Apel

Mengutip laman Healthline, biji apel yang berwarna hitam dan berbentuk sangat kecil ini mengandung amigdalin, zat yang melepaskan sianida ketika bersentuhan dengan enzim pencernaan manusia . Akan tetapi, jika kita tidak sengaja makan beberapa biji apel secara tidak sengaja, hal itu tidak akan menimbulkan toksisitas akut. Karena jumlah biji apel yang dikonsumsi hanya sedikit tidak akan menimbulkan kadar racun di dalam tubuh. Selengkapnya simak infografis.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!