Fakta Telur Sebabkan Kolesterol Tinggi

Rabu, 02 Agustus 2023 - 22:00 WIB
click to zoom
Telur merupakan salah satu makanan yang secara alami tinggi kolesterol . Namun, telur tidak menyebabkan kolesterol tinggi seperti yang dilakukan beberapa makanan lain yang tinggi lemak trans dan lemak jenuh. Meskipun beberapa penelitian menemukan hubungan antara makan telur dan penyakit jantung, namun ada alasan lain untuk temuan ini.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Asam Urat Secara Alami Tanpa Obat

Makanan seperti bacon, sosis, dan ham, lebih meningkatkan risiko kolesterol dan penyakit jantung daripada telur. Dilansir dari Mayo Clinic, Rabu (2/8/2023) selain itu, cara telur dan makanan lain dimasak, terutama jika digoreng dengan minyak atau mentega lebih berperan dalam peningkatan risiko kolesterol tinggi daripada telur itu sendiri. Kebanyakan orang sehat bisa makan hingga tujuh butir telur seminggu tanpa meningkatkan risiko kolesterol tinggi dan penyakit jantung.

Baca juga: Buah Penurun Asam Urat, Bantu Mengatasi Nyeri Sendi

Beberapa penelitian telah menunjukkan tingkat konsumsi telur ini dapat mencegah jenis stroke tertentu dan kondisi mata serius yang disebut degenerasi makula yang dapat menyebabkan kebutaan.Tetapi jika Anda menderita diabetes, beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan tujuh butir telur seminggu meningkatkan risiko penyakit jantung. Namun, penelitian lain gagal menemukan hubungan yang sama. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!