Jadwal serta Niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023

Jum'at, 21 Juli 2023 - 19:00 WIB
click to zoom

Jadwal dan niat Puasa Tasua dan Asyura Tahun 2023 menjadi informasi penting yang harus diketahui umat muslim. Puasa Tasua dan Asyura merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram.

Baca juga: 3 Amalan Utama di Bulan Muharram Bertabur Pahala, Apa Saja?

Dalam sebuah riwayat Imam Ahmad disebutkan bahwa Nabi Muhammad ? menganjurkan umatnya melaksanakan puasa Tasua pada 9 Muharam untuk menyelisihi kaum Yahudi yang berpuasa pada 10 Muharam saja. Rasulullah ? bersabda: Artinya: "Puasalah hari Asyura' dan jangan sama dengan model orang Yahudi. Puasalah sehari sebelumnya atau sehari setelahnya." (HR Ahmad, Al-Bazzar)

Baca juga: Lima Amalan Bertabur Pahala di Bulan Dzulhijjah

Dalam riwayat lain dari jalur Abdullah bin Abbas, Rasulullah? berpuasa pada hari Asyura dan menganjurkan umat Islam untuk turut berpuasa. Suatu ketika, mereka berkata, "Ya Rasulullah, ini hari yang dimuliakan oleh orang Yahudi dan Nasrani". Mendengar jawaban itu, Nabi berkata, "Jika aku masih hidup hingga tahun depan, insya Allah, kita akan berpuasa pada hari kesembilan juga." Namun, Rasulullah wafat sebelum tahun berikutnya tiba." (HR Muslim 1916)

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!