China Ungkap Rencana Pendaratan Astronot di Bulan Tahun 2030

Sabtu, 15 Juli 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
China mengungkapkan beberapa detail tentang rencana ambisiusnya melakukan pendaratan astronot di Bulan pada tahun 2030. Rencana itu melibatkan dua peluncuran, satu untuk pendarat bulan dan satu untuk awak. Pada akhir Mei 2023, pejabat antariksa China mengumumkan rencana misi mendaratkan astronot di bulan pada tahun 2030.

Baca juga: 2 Badai Matahari Bakal Hantam Bumi

Pada Rabu 12 Juli 2023, Beijing mengungkapkan detail misi pendaratan ke Bulan dari seorang insinyur Badan Antariksa Berawak China. Menurut laporan Reuters mengutip liputan media pemerintah China tentang presentasi insinyur Badan Antariksa Berawak China di Wuhan, konsep misi ini melibatkan dua peluncuran roket. Salah satu peluncuran itu akan menerbangkan pendarat bulan, dan yang lainnya akan mengirim astronot ke angkasa.

Baca juga: Planet Mars Berpotensi Layak Huni Miliaran Tahun Lalu

“Rencana roket kembar akan mengatasi rintangan teknologi lama China dalam mengembangkan roket tugas berat yang cukup kuat untuk mengirim astronot dan wahana pendarat ke Bulan," tulis Reuters dikutip SINDOnews dari laman Space, Jumat (14/7/2023). Pendarat dan pesawat ruang angkasa berawak akan bertemu di orbit bulan.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!