Planet Mars Berpotensi Layak Huni Miliaran Tahun Lalu

Kamis, 13 Juli 2023 - 21:00 WIB
click to zoom
Penjelajah Mars Perseverance NASA telah mendeteksi konsentrasi molekul organik tertinggi, menunjukkan bahwa planet ini berpotensi memiliki lingkungan yang layak huni 3,5 miliar tahun yang lalu.Ini adalah tanda potensial dari mikroba purba dan para ilmuwan ingin memastikannya ketika sampel batuan akhirnya dibawa ke Bumi.

Baca juga: 2 Badai Matahari Bakal Hantam Bumi

Penemuan itu terjadi di Kawah Jezero, yang kemungkinan pernah memiliki danau dan delta yang bermuara di dalamnya. Sementara bahan organik telah ditemukan di Planet Mars sebelumnya, penemuan baru ini terlihat sangat menjanjikan karena berasal dari daerah di mana sedimen dan garam diendapkan ke dalam danau, kondisi di mana kehidupan dapat muncul.

Baca juga: Fenomena Solar Maximum Berpotensi Membakar Satelit

"Sangat adil untuk mengatakan bahwa ini akan, ini adalah, sampel batuan paling berharga yang pernah dikumpulkan," David Shuster, seorang ilmuwan sampel pengembalian Perseverance, mengatakan kepada wartawan selama briefing. Laboratorium difraksi sinar-X milik Curiosity menganalisis debu dan mendeteksi tridimit, jenis kuarsa langka yang seluruhnya terbuat dari silikon dioksida atau silika.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!