Temuan Fosfor Buktikan Planet Saturnus Layak Huni

Sabtu, 17 Juni 2023 - 11:00 WIB
click to zoom
Eksplorasi Saturnus berhasil mendeteksi konsentrasi fosfor dalam kristal es. Temuan ini mengkonfirmasi bahwa Saturnus bisa menjadi tempat untuk hidup di luar Bumi. Fosfor merupakan hal mendasar terhadap struktur DNA dan bagian penting dari membran sel dan molekul pembawa energi yang ada dalam segala bentuk kehidupan di bumi.

Baca juga : Bentuk Cangkang Kerang Pertegas Kondisi Bumi Sekarat

Frank Postberg, ilmuwan planet di universitas bebas Berlin mengatakan, penemuan mineral esensial ini didasarkan pada data yang dikumpulkan oleh pesawat ruang angkasa Cassini NASA."Temuan ini telah diterbitkan di jurnal Nature dan diumumkan oleh Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di luar Los Angeles," katanya, dikutip dari ABC Net, Kamis (15/6/2023).

Baca juga : Ilmuwan China Temukan Cadangan Air Tersembunyi di Bulan

Dijelaskan dia, peneliti sebelumnya telah mengkonfirmasi bahwa biji-bijian es Enceladus mengandung berbagai macam mineral dan senyawa organik yang kompleks, termasuk bahan untuk asam amino. Tetapi fosfor, yang paling tidak melimpah dari enam elemen kimia yang dianggap perlu untuk semua makhluk hidup yang lain adalah karbon, oksigen, hidrogen, nitrogen dan belerang, hingga kini masih hilang. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!