Biaya Operasional ChatGPT Sehari Tembuis Rp10 Miliar

Senin, 24 April 2023 - 20:00 WIB
click to zoom
Biaya operasional harian ChatGPT ternyata tinggi sekali: mencapai USD700.000 (Rp10 miliar) sehari. Ternyata, ini bikin Microsoft ngos-ngosan dan boncos. Saat ini, mereka berupaya untuk mencari cara agar biaya operasional ChatGPT bisa lebih murah. Analis The Information mengatakan, ChatGPT menuntut OpenAI untuk menghabiskan biaya pengoperasian hingga USD700.000 karena “server yang mahal”.

Baca juga: Investor AI Sebut Chat GPT-4 Lebih Berbahaya dari Senjata Nuklir

Server yang digunakan itu milik Microsoft. Mengapa mahal, karena ChatGPT membutuhkan daya komputasi yang sangat besar untuk menjawab berbagai pertanyaan dari penggunanya. Karena itu, Microsoft diam-diam sedangn merancang chip AI (kecerdasaan buatan) khusus untuk bisa mengurangi biaya operasional harian ChatGPT tersebut.

Baca juga: Alasan Elon Musk Cabut dari OpenAI Pembuat ChatGPT

”Banyak yang tidak tahu, menggunakan ChatGPT untuk menulis surat pengantar, membuat rencana pelajaran atau apapun membuat OpenAI harus manghabiskan biaya USD700.000 per hari karena infrastruktur teknologi mahal yang dijalankan AI,” beber Dylan Patel, kepala analis di perusahaan riset semikonduktor SemiAnalysis, kepada The Information.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!