Dua Kosmonot Rusia Bersiap Lakukan Spacewalk

Rabu, 19 April 2023 - 21:00 WIB
click to zoom
Dua kosmonot Rusia bersiap melakukan misi spacewalk di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Selasa (18/4/2023) malam. Mereka akan menggenakan pakaian Antariksa baru Orlan dalam misi spacewalk yang dijadwalkan berlangsung selama 6 jam 40 menit. Dua kosmonot Rusia yang akan melakukan misi spacewalk, adalah Sergey Prokopyev dan Dmitri Petelin.

Baca juga : Satelit NASA Seberat 270 Kg Jatuh ke Bumi

Sebelumnya mereka sudah dua kali gagal melakukan misi spacewalk karena berbagai kendala teknis. Pertama pada 25 November 2023, misi spacewalk mereka gagal karena gangguan pompa pakaian luar angkasa. Tiga minggu kemudian, percobaan misi spacewalk pada 15 Desember 2023 juga dibatalkan setelah terjadi kebocoran pesawat ruang angkasa Soyuz Rusia.

Baca juga : Mobil KIA EV6 Ini Terbuat dari 350.000 LEGO Selama 800 Jam

Kali ini kedua kosmonot dijadwalkan melakukan spacewalk dari pelabuhan ruang angkasa Poisk Rusia di ISS. Mereka akan mengenakan pakaian antariksa yang baru, Orlan. "Dari sana (Poisk), keduanya akan bermanuver ke sisi stasiun yang menghadap Bumi dan memulai pekerjaan memindahkan radiator dan modul eksperimen," tulis sebuah posting blog NASA dikutip SINDOnews dari laman Space, Selasa (18/4/2023). Selengkapnya liihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!