Ini Alasan Gurita Betina Menghancurkan Dirinya Setelah Bertelur

Rabu, 19 April 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Induk gurita memiliki perilaku aneh, di antaranya berhenti makan ketika telurnya hampir menetas. Bahkan beberapa gurita betina menghancurkan dirinya sendiri dengan membenturkan diri ke batu atau memakan lengannya. Tidak ada yang tahu tujuan dari perilaku aneh gurita betina tersebut. Beberapa teori menyebutkan gurita betina melakukan itu untuk menarik pemangsa menjauh dari telurnya.

Baca juga: Drone Kamikaze Rusia Mampu Terbang 40 Km Hancurkan Target Musuh

Ada juga yang menyebutkan tubuh gurita betina yang mati akan melepaskan nutrisi ke dalam air yang memelihara telur. Asisten Profesor Psikologi dan Biologi University of Washington, Z. Yan Wang mengatakan, kemungkinan besar kematian induk gurita untuk melindungi bayi dari generasi yang lebih tua. Sebab, gurita adalah hewan kanibal, dan jika gurita yang lebih tua bertahan akan memakan semua anak guritanya.

Baca juga: Erling Haaland Samai Rekor Lionel Messi

Para peneliti juga berhasil mengungkap alasan gurita betina melakukan perilaku aneh setelah bertelur. Diketahui, gurita betina setelah bertelur mengalami perubahan biokimiawi akibat meningkatnya hormon steroid. Peningkatan hormon steroid ini memicu perilaku aneh gurita betina untuk menghancurkan dirinya sendiri. Para peneliti menemukan tiga perubahan kimia terpisah yang terjadi sekitar waktu induk gurita bertelur. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!