Daftar Ruas Tol yang Dibuka Fungsional Saat Mudik Lebaran

Sabtu, 08 April 2023 - 12:20 WIB
click to zoom
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.624 kilometer (km) dan jaringan jalan nasional sepanjang 47.602 km dengan tingkat kemantapan 91,8%. Hal itu guna mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas lebaran 2023.

Baca juga: Ferrari Resmi Menghentikan Produksi Supercar F8 Tributo

Pada angkutan lebaran kali ini difungsikan sementara 6 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa sepanjang 87 km. Ruasnya meliputi, Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) Seksi 4-6 dan ruas Cimalaka–Dawuan sepanjang 28,2 km. Saat ini Tol Cisumdawu Seksi 1,2, dan 3 telah beroperasi normal dengan lebar 4 lajur, sedangkan Seksi 4,5, dan 6 baru akan dibuka secara fungsional.

Baca juga: Pemerintah Tidak Merekomendasikan Impor KRL Bekas dari Jepang

"Tol Cisumdawu akan mempersingkat waktu tempuh dari Cileunyi sampai Dawuan. Sehingga orang dari Bandung mau ke Semarang tidak perlu ke Cikampek, tapi bisa langsung melalui Dawuan. Pemudik dari Selatan yang mau ke Utara Jawa Barat tidak perlu melalui Cikampek, sehingga sangat membantu untuk mengurai kemacetan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono .
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!