Lubang Raksasa ke 2 di Muncul di Atmosfer Matahari

Rabu, 29 Maret 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Sebuah lubang raksasa ke 2 muncul di atmosfer Matahari , hal ini bisa menyebabkan semburan angin surya ke 1,8 juta mph ke Bumi.Peristiwa ini sebenarnya bukan fenomena langka, namun tetap menjadi pertunjukan kosmik spektakuler yang layak untuk diamati. Lubang ini akan melepaskan angin matahari ke luar angkasa, yang dapat merusak satelit dan mengungkapkan aurora yang menakjubkan jika mencapai Bumi.

Baca juga: Berubah Arah, Lubang Hitam Raksasa Kini Menuju Bumi

Para ilmuwan mengatakan lubang korona mulai terlihat saat matahari berotasi. Observatorium Dinamika Matahari NASA menyebut lubang korona cukup umum, tetapi biasanya muncul ke arah kutub matahari, tempat anginnya dimuntahkan ke luar angkasa . '' Tetapi saat matahari bersiap untuk mencapai puncak aktivitas, yang terjadi setiap 11 tahun, Yang berada di ekuator berarti kita dijamin akan melihat angin kencang di Bumi beberapa hari setelah berputar melewati meridian pusat," kata Mathew Owens, seorang profesor fisika ruang angkasa di University of Reading kepada Insider Rabu (29/3/2023).

Baca juga: Topan Freddy Masuk Rekor Badai Terkuat dan Berumur Terpanjang

Foto lubang korona di atas diambil oleh Solar Dynamics Observatory NASA pada 8 November lalu, dan baru dirilis 12 hari setelahnya. Lantas, apa yang menyebabkan kemunculan lubang raksasa tersebut? Dalam takarir foto tersebut, NASA menjelaskan bahwa lubang yang luas bisa terbuka di atmosfer bagian atas matahari atau disebut korona, akibat medan magnet dinamis bintang tersebut. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!