Ilmuwan Temukan Medan Magnet Terbesar Alam Semesta

Rabu, 01 Maret 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Ilmuwan temukan bukti pengamatan pertama dari medan magnet yang mencakup alam semesta. Medan magnet ini telah lama diteorikan ada tetapi masih terlalu abstrak untuk dideteksi manusia.Peregangan di antara mereka adalah filamen plasma panjang, gas encer yang penuh dengan partikel terionisasi.

Baca juga: Doa Malam Nisfu Syaban, Lengkap Arab, Latin dan Artinya

Filamen tersebut diamati untuk pertama kalinya pada tahun 2021 menggunakan instrumen MUSE, spektograf 3-D yang dipasang di Very Large Telescope milik European Southern Observatory di Chili. Namun, apa yang ditemukan para ilmuwan ini adalah bukti medan magnet redup yang diciptakan oleh filamen tersebut karena terionisasi. Ionisasi berarti atom telah mengambil elektron ekstra dari atom lain atau kehilangan elektron ke atom lain.

Baca juga: Jadwal Timnas Indonesia di Fase Grup Piala Asia U-20 2023

Para ilmuwan merangkum temuan mereka dalam makalah terbaru di Science Advances, sebuah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh American Association for the Advancement of Science. “Interpretasi kami didukung dengan baik oleh perbandingan mendetail dengan simulasi kosmologi mutakhir,” kata mereka seperti dilansir dari Daily Start. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!