Fungsi Warna Belang Hitam Putih di Kuda Zebra

Senin, 27 Februari 2023 - 21:00 WIB
click to zoom
Zebra dapat dengan mudah dikenali lewat pola belang-belang hitam-putih yang khas. Tapi, mengapa zebra berkulit belang hitam putih? Para ilmuwan juga masih memperdebatkan fungsi garis-garis pada kulit zebra. Tapi, diduga warna kulit belang itu untuk perlindungan dari gigitan lalat penghisap darah, yang jadi ancaman bagi hewan di Afrika.

Baca juga: Kaya Kandungan Nutrisi, Ikan Lele Bagus untuk Mencegah Stunting

Studi itu dilakukan oleh peneliti dari University of Bristol di Inggris. Hasil penelitian mereka menemukan bahwa garis-garis hitam putih di zebra berfungsi untuk melindungi dari gigitan lalat. Dengan meletakkan selimut dengan desain berbeda di punggung kuda, ilmuwan memfilmkan perilaku lalat kuda saat mereka mendekati dan berinteraksi dengan zebra.

Baca juga: Lemur Menari dari Madagaskar Berhasil Dikembangbiakkan

Maka, ilmuwan dapat melihat efek dari berbagai desain garis dan kotak-kotak. ”Kami menyadari bahwa lalat kuda enggan mendarat di objek bergaris," kata ahli ekologi evolusi Tim Caro dari University of Bristol di Inggris. “Sebenarnya sejumlah penelitian sudah melakukan hal ini. Namun, masih belum jelas aspek garis mana yang mereka anggap tidak menyenangkan,” tambahnya. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!