Main Game Ternyata Tidak Rusak Kemampuan Kognitif Anak

Selasa, 14 Februari 2023 - 19:30 WIB
click to zoom
Riset baru yang dilakukan oleh sekelompok peneliti menghasilkan fakta mengejutkan. Ternyata bermain game tidak merusak kemampuan kognitif anak. Hal itu bertentangan dengan anggapan yang ada saat ini bahwa anak-anak akan mengalami gangguan kognitif karena terlalu lama bermain game.

Baca juga: Cocok Bagi Penderita Kolesterol, Ini Manfaat Manggis untuk Tubuh

Jie Zhang, Profesor Kurikulum dan Pengajaran dari University of Houston College of Education mengatakan penelitian yang mereka lakukan tidak menemukan adanya hubungan kasuistis dari bermain video game dengan kerusakan kemampuan kognitif. Menurutnya hal itu tidak terkecuali pada jenis permainan dan berapa lama anak-anak bermain video game.

Baca juga: 4 Camilan Ini Aman Dikonsumsi Malam Hari

Penelitian tersebut mereka lakukan dengan mengamati 160 anak sekolah dasar yang mewakili kelompok anak-anak yang sering bermain video game. Pengamatan dilakukan dengan mempelajari kebiasaan mereka dalam bermain video game. Dari situ diketahui kebanyakan anak-anak normalnya bermain video game selama 2,5 jam per hari. Namun ada juga yang sudah keranjingan bermain video game hingga 4,5 jam per hari.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!