NASA Temukan Planet Seukuran Bumi Ke-2

Rabu, 11 Januari 2023 - 19:00 WIB
click to zoom
Pesawat antariksa pemburu planet atau Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS) NASA menemukan planet kedua yang berukuran sama dengan Bumi. Kemungkinan planet ini dapat menahan air dalam bentuk cair, dan mengorbit pada bintang yang sama. Pesawat antariksa TESS NASA diluncurkan pada April 2018 dan telah menemukan 285 eksoplanet yang dikonfirmasi dan lebih dari 6.000 kandidat planet.

Baca juga : Jet Su-57 Milik Rusia Jarang Beraksi Gempur Ukraina

Salah satu planet paling menarik yang dikonfirmasi adalah dunia yang dijuluki TOI 700 d, yang berukuran sebesar Bumi dan terletak di zona layak huni bintangnya. Sekarang, para ilmuwan telah menentukan bahwa planet tersebut memiliki tetangga yang sama menggiurkannya. Planet tersebut terdeteksi pada Oktober 2021 ketika teleskop yang mengorbit Bumi telah melihat sesuatu yang menarik.

Baca juga : Kapal Induk Liaoning, Dulu dijual Ukraina Kini Diincar Rusia

“Kami pertama kali melihatnya dan kami seperti, 'Apakah ini nyata?” Emily Gilbert, seorang astronom di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, mengatakan kepada Space.com, Rabu (11/1/2023). Penemuan itu dipresentasikan pada pertemuan ke-241 American Astronomical Society, di Seattle dan secara virtual pada Minggu 8 Januari 2023. Pesawat antariksa TESS menemukan planet dengan menatap bintang selama sebulan, sekaligus mencari penurunan kecil dalam kecerahan yang dapat mengindikasikan adanya planet yang melintas di antara bintang dan teleskop.Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!