Sederet Keutamaan dan Keistimewaan Puasa Senin Kamis

Senin, 12 Desember 2022 - 13:46 WIB
click to zoom
Pahala puasa sunnah Senin-Kamis ini sangat istimewa dan banyak manfaatnya , karena puasa sunnah ini berhubungan langsung dengan Allah SWT.

Baca juga: Doa Kita Belum Dikabulkan Allah SWT? Mungkin Ini 5 Penyebabnya

Hal ini sesuai dengan hadis yang berbunyi: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Taala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Muslim).

Baca juga: 7 Amalan yang Pahalanya Terus Mengalir Meski Sudah Meninggal

Sesuai namanya, puasa ini merupakan amalan puasa sunnah yang waktu pelaksanaannya dilakukan pada hari Senin dan hari Kamis. Namun, untuk pelaksanaannya tidak jauh berbeda seperti pada puasa pada umumnya. Di mana dilakukan dari mulai terbit fajar hingga terbenam matahari. Yang membedakan adalah niat, keistimewaan dan tentunya hikmah yang diberikannya.
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!