Lima Fakta Unik Gunung Slamet

Rabu, 07 Desember 2022 - 19:00 WIB
click to zoom
Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Baca juga: Sesar Cimandiri Menjadi Penyebab Gempa Cianjur

Gunung Slamet merupakan gunung dengan suhu rata-rata paling dingin di pulau Jawa serta curah hujan tahunan paling tinggi di Indonesia yaitu 8.134,00 milimeter (mm) per tahun. Hingga saat ini, Gunung Slamet masih menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia. Pada Agustus 2019, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status yang mulanya Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada). Berikut adalah beberapa fakta tentang Gunung Slamet yang harus kalian ketahui.

Baca juga: Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Daya Ingat dan Kinerja Otak

Memiliki Banyak Jalur Pendakian

Gunung Slamet terletak tepat di antara lima Kabupaten di Jawa Tengah. Dengan begitu, Gunung Slamet memiliki banyak jalur pendakian yang tersebar di lima kabupaten tersebut. Lima jalur pendakian yang terkenal, adalah jalur Guci, Bambangan, Kali Wadas, Cemara Sakti, dan Baturadden. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!