Demonstrasi di China, Massa: Gulingkan Xi Jinping!

Senin, 28 November 2022 - 17:07 WIB
click to zoom
Demo menuntut pencabutan lockdown Covid-19 di China, yang semula pecah di Xinjiang, sekarang meluas ke berbagai kota termasuk Ibu Kota Beijing. Tuntutan demonstran juga berubah menjadi penggulingan Partai Komunis China dan Presiden Xi Jinping. Demo di Xinjiang pecah pekan lalu setelah massa marah dengan kebijakan nol Covid-19 China dengan lockdown ketat 100 hari.

Baca juga: Inggris Kirim Rudal Canggih Brimstone 2 ke Ukraina

Aturan itu dianggap menghambat warga melarikan diri dari tragedi kebakaran di apartemen yang menewaskan 10 orang. Pada hari Minggu, ratusan mahasiswa dari Universitas Tsinghua Beijing berunjuk rasa di kampus mereka. Massa meneriakkan yel-yel "kebebasan akan menang" dan menyerukan diakhirinya lockdown.

Baca juga: Mbappe-Enner Valencia Kuasai Top Skor Sementara Piala Dunia 2022

Demo di Beijing itu mengikuti demonstrasi pada Sabtu malam di Shanghai, kota terpadat dan pusat keuangan China, serta di sebuah universitas di kota timur Nanjing. Seorang mahasiswa di Tsinghua mengatakan kepada AFP bahwa pertemuan massa hari Minggu dimulai pada pukul 11.30 ketika para mahasiswa mulai memegang tanda di pintu masuk kantin, dan kemudian semakin banyak orang bergabung.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!