5 Fakta Menarik Jet Tempur Siluman F-35A Andalan AS

Jum'at, 25 November 2022 - 19:36 WIB
click to zoom
Fakta menarik jet tempur siluman F-35A milik Amerika Serikat (AS) layak untuk diulas. Pasalnya, jet tempur siluman ini diketahui sebagai salah satu alutsista terbaik yang dimiliki AS. Apa saja fakta menariknya? Berikut informasi lengkapnya.

Baca juga: Ukraina Dihujani 65 Rudal Jelajah Rusia Dalam Sehari

1. Menjadi Ganti Jet Tempur F-16 Angkatan Udara AS menghadirkan jet tempur F-35A demi menggantikan armada F-16 Fighting Falcons dan A-10 Thunderbolt II yang sudah tua. Diketahui, AS sudah menggunakan keduanya selama lebih dari 20 tahun. Jet tempur multi-peran siluman F-35A ini pertama kali diperkenalkan pada 2 Agustus 2016 oleh USAF (United States Air Force). F-35A memiliki senjata GAU-22/A yang merupakan versi empat laras dari kanon 25 mm GAU-12 Equalizer. Meriam yang dibawa oleh jet ini dipasang secara internal dengan 182 peluru.

Baca juga: Fakta-fakta Hwasong-17, Rudal Monster Terbaru Korea Utara

2. Mampu Mendominasi Langit Jet terbaru ini tentunya memiliki berbagai kecanggihan yang mampu mendominasi langit. Melansir laman resmi USAF, F-35A mempunyai kemampuan untuk bertahan di lingkungan yang mengancam sekalipun. Jet ini juga memiliki kemampuan CTOL (Conventional Take-Off and Landing) yang merupakan proses lepas landas dan mendarat konvensional, layaknya pesawat penumpang pada umumnya.

Fakta selengkapnya lihat di infografis.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!