5 Senyawa Berbahaya dalam Vape selain Polietilen Glikol

Selasa, 01 November 2022 - 12:30 WIB
click to zoom
Informasi terkait produk yang mengandung etilen glikol (EG) dan polietilen glikol (PEG) tengah heboh belakangan ini. Salah satunya disebut-sebut ada dalam produk rokok elektrik atau vape. Meski begitu, di luar kedua kandungan senyawa yang sedang ramai dibicarakan tersebut, vape merupakan produk rokok elektrik dengan beragam kandungan senyawa yang sebenarnya tidak benar-benar aman untuk dikonsumsi.

Baca juga: Waspada! Ini Tiga Bagian Tubuh Sakit saat Terkena Kolesterol

Secara umum, perbedaan utama antara vape dengan rokok konvensional adalah tembakau. Rokok konvensional mengandung tembakau, sementara vape tidak. Namun, bukan berarti hal ini jadi tolok ukur bahwa rokok konvensional lebih berbahaya bagi tubuh dan vape atau rokok elektrik lebih aman.

Baca juga: Di Era Mohammed bin Salman, Warga Arab Saudi Rayakan Halloween

Perlu diingat bahwa tembakau (bahan utama kandungan rokok/vape) bukanlah satu-satunya penyebab kanker dan penyakit serius lain. Ada banyak sekali kandungan senyawa di dalam vape yang berdampak negatif untuk kesehatan, baik dari liquid maupun asap yang dihasilkannya. Berikut di antaranya. Selengkapnya lihat infografis.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!