5 Alternatif Lain Mengatasi Demam pada Anak Tanpa Minum Obat

Sabtu, 22 Oktober 2022 - 11:00 WIB
click to zoom
Alternatif lain mengatasi demam pada anak tidak hanya pakai paracetamol. Penggunaan paracetamol saat ini dihindari oleh masyarakat khususnya untuk anak-anak di usia 6 bulan hingga 18 tahun, karena mengandung EG (Etilen-Glikol) ataupun DEG (Di-Etilen-Glikol).

Baca juga: Waspadai & Kenali Gejala Gangguan Ginjal Akut Misterius pada Anak

Dalam dua bulan terakhir ini, banyaknya kasus gagal ginjal yang menyerang anak-anak terus mengalami peningkatan yang signifikan. Gejala yang terjadi apabila anak mengalami gagal ginjal adalah diare, mual, muntah, demam, batuk, dan jumlah air seni yang semakin sedikit bahkan tidak bisa membuang air kecil. Hal ini dikarenakan adanya kandungan yang terdapat di dalam paracetamol menjadi salah satu penyebab terjadinya gangguan pada fungsi ginjal yang terjadi pada anak-anak.

Baca juga: Daftar 4 Obat Sirup yang Diduga Mengandung Zat Berbahaya

Salah satu dokter penyakit dalam, Dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, Sp.PD menyarankan agar masyarakat lebih mencermati komposisi yang terdapat pada label obat yang akan dikonsumsi. Dan memberikan alternatif lain untuk obat demam yang bisa dikonsumsi oleh anak-anak adalah dalam bentuk puyer.
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!