PUPR Akan Bangun Kembali Stadion Kanjuruhan Berdasarkan 7 Rekomendasi

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 16:14 WIB
click to zoom
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan evaluasi teknis untuk Stadion Kanjuruhan , Malang, Jawa Timur, sudah dilakukan. Audit teknis stadion dilakukan oleh para pakar/ahli struktur bangunan, arsitektur, MEP (Mechanical, Electrical and Plumbing), dan ahli mitigasi risiko kebakaran, serta unsur pemerintah.

Baca juga : Tembus 43 ribu, Petisi Desak Mochamad Iriawan Mundur dari PSSI

Menurut Menteri Basuki, terdapat tujuh rekomendasi hasil audit Tim Evaluasi Teknis Keandalan Stadion Kanjuruhan, dan tiga rekomendasi di antaranya berhubungan dengan terjadinya tragedi Kanjuruhan. "Pertama mengenai tangga-tangga tribun, terutama untuk tribun ekonomi yang biasanya tidak ada tangga langsung ke tempat duduk penonton," kata Menteri Basuki pada pernyataan tertulisnya, dikutip Jumat (14/10/2022).

Baca juga : Ketum Federasi Sepak Bola Mundur karena Desakan Publik

Kedua, pintu stadion tidak ada jarak dengan anak tangga dan elevasi tangganya juga terlalu curam, dan ketiga tidak ada pintu darurat, yang ada hanya pintu service yang tidak bisa diakses oleh penonton di tribun. Rekomendasi berikutnya simak di infografis.
(vid)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!