Ulah Manusia, Mars Sudah Penuh dengan Sampah Berbahaya

Senin, 26 September 2022 - 19:00 WIB
click to zoom
Planet Mars sudah penuh dengan sampah elektronik karena ulah manusia yang gila-gilaan mengeksplorasi kemungkinan hidup di planet merah itu. Tidak main-main, menurut Cagri Kilic, peneliti robotik dari West Virginia University, jumlah sampah yang berada di Mars mencapai 15.694 pounds atau setara 7.119 kilogram.

Baca juga: Jika Putin Luncurkan Nuklir, Pangkalan Rusia Ini Jadi Target AS

Sampah-sampah itu menurutnya datang dalam berbagai bentuk. Rata-rata adalah perangkat keras yang dibuang, pesawat ruang angkasa yang tidak aktif dan jatuh di permukaan Mars. Contohnya pesawat robotik milik Uni Soviet yang dikirim ke Mars pada tahun 1971, Mars 2. Dalam catatan Cagri Kilic, saat ini setidaknya ada sembilan pesawat tidak aktif di Mars.

Baca juga: China Berhasil Lahirkan Serigala Kutub Kloning Pertama di Dunia

Di antaranya adalah Mars 3, Mars 6, Viking 1, Viking 2, Sojourner Rover, Schiaparelli, Phoenix, Spirit Rover dan Opportunity Rover. Sampah -sampah lain yang mengkhawatirkan adalah robot-robot yang dikirim dari bumi ke Mars. Cagri Kilic mengatakan robot-robot itu tidak hancur karena durabilitas yang tinggi. Padahal fungsi robot itu sudah tidak bekerja lagi. Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!