Jet Tempur KF/IF-21 Boramae Sukses Uji Terbang Perdana

Kamis, 21 Juli 2022 - 11:47 WIB
click to zoom
KF-21/IF-21 Boramae, jet tempur canggih patungan Korea Selatan (Korsel) dan Indonesia, sukses menjalani uji terbang perdana. Korea Aerospace Industries (KAI) dan Angkatan Udara Korea Selatan mengonfirmasi uji terbang tersebut berlangsung Selasa lalu. Boramae merupakan jet tempur canggih supersonik generasi ke-4.5. Merupakan alternatif yang lebih murah dari jet tempur siluman F-35 Lockheed Martin Amerika Serikat (AS).

Baca juga : Dibuat di Biolab Rahasia, Rusia: Ukraina Punya Pasukan Mutan

Kesukesan uji terbang Boramae menempatkan Korea Selatan sebagai negara kedelapan di dunia yang telah mengembangkan jet tempur supersonik, 20 tahun setelah mantan presiden Daejung Kim memerintahkan pengembangan pesawat tempur Korea. Angkatan Udara Korsel dan KAI sebelumnya melakukan uji dorong mesin berbasis darat yang sukses akhir bulan lalu.

Baca juga : Fasilitas Legiun Asing Ukraina Dirudal Rusia, Ratusan Tentara Tewas

KF-21, dipersenjatai dengan 4 rudal udara-ke-udara METEOR dan dikemudikan oleh Mayor Junhyeon Ahn dari Unit Uji dan Evaluasi Angkatan Udara, lepas landas dari pangkalan Angkatan Udara dekat markas KAI di Sacheon, Provinsi Gyeongsang Selatan, pukul 03.40 waktu setempat. Jet tempur tersebut terbang dengan kecepatan 400 km/jam (200 knot) selama 30 menit untuk memeriksa fungsi dasar tubuh jet, mendarat dengan selamat pada pukul 16.13. Selengkapnya Simak Infografis
(mad)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!