Berikut Ciri Spesifik Hewan Ternak Positif PMK

Rabu, 20 Juli 2022 - 11:30 WIB
click to zoom
Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan) telah mengumumkan status darurat wabah PMK (penyakit mulut dan kuku) yang menjangkit hewan ternak . Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan PMK (Penyakit Mulut dan Kuku), Adisasmito menyampaikan, virus tersebut dapat menjangkit hewan khususnya yang berkuku belah. Seperti Sapi, Babi, Kerbau, Kambing, Domba, Unta dan Rusa.

Baca juga: Simak! 4 Anggota Tubuh Ini Rawan Terkena Kolesterol

Wiku menjelaskan ada beberapa ciri spesifik hewan ternak yang terjangkit virus PMK , misalnya adalah adanya lepuh atau Erosi di mulut, lidah, gusi, lubang hidung, puting, dan di kulit sekitar kuku. Ciri lain dari hewan yang tertular dari PMK juga adalah hewan tersebut minim melakukan aktivitas, atau lebih sering berbaring ketimbang berdiri. Pada hewan ternak potong, biasanya ditandai dengan penurunan bobot berat badan.

Baca juga: Resmi! Biaya Persalinan Ibu Hamil Ditanggung Negara

Sedangkan pada ternak produksi, biasanya terjadi penurunan produktivitas yang sangat drastis dari hewan tersebut. Misalnya hewan susu perah yang mana air susunya bakal berkurang lebih banyak banyak dibandingkan biasanya. Wiku menambahkan, bahwa virus PMK yang terjadi pada hewan ternak ini tergolong memiliki tingkat penularan yang sangat cepat. Baik melalui kontak langsung maupun tidak langsung.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!