Selain Indonesia, Negara-negara Ini Juga Memiliki Tradisi Mudik

Selasa, 19 April 2022 - 14:00 WIB
click to zoom
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, mudik berarti pulang ke kampung halaman. Sementara menurut Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021, mudik diartikan sebagai kegiatan perjalanan pulang ke kampung halaman selama bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Mudik telah menjadi tradisi khusus dari masyarakat Indonesia.

Baca juga: Ini Negara-Negara Penghasil Kurma Terbesar di Dunia

Namun, rupanya tidak hanya di Indonesia yang merayakan momen mudik ini. Berikut adalah negara-negara yang juga punya tradisi mudik dilansir beragam sumber.

Baca juga: Ini 10 Negara yang Mengonsumsi Minyak Goreng Terbesar di Dunia

1. Turki

Bayram adalah sebutan Hari Raya Idul Fitri di Turki. Saat perayaan ini berlangsung, sekolah, kantor, dan instansi pemerintah akan ditutup selama tiga hari. Momen ini dimanfaatkan warga untuk mudik. Setelah melaksanakan shalat Idul Fitri, masyarakat Turki akan bersilaturahmi dengan sanak saudara dan berziarah ke makam. Seperti halnya di Indonesia, anak-anak juga akan berkeliling di lingkungan sekitar untuk mendapatkan makanan manis seperti permen, cokelat, baklava, hingga uang. Seluruh penjuru kota juga akan melakukan penggalangan dana yang diiringi konser.
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!