4 Hewan yang Kawin Sekali Seumur Hidup dan Mati Setelahnya

Kamis, 24 Maret 2022 - 19:00 WIB
click to zoom
Ada beberapa hewan yang kawin sekali seumur hidup, kemudian mati setelahnya. Siklus hidup hewan-hewan tersebut berbeda dari sebagian besar hewan yang bisa kawin berulang kali dalam hidupnya. Fenomena ini terjadi akibat berbagai faktor, mulai dari persaingan yang ketat dalam habitatnya hingga struktur fisiologis yang berbeda. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut beberapa hewan yang kawin sekali seumur hidup:

Baca juga: Tiga Alasan Hewan Makan dan Bunuh Anaknya Sendiri

Lebah Madu Jantan

Lebah madu jantan kawin sekali seumur hidup. Lebah madu jantan harus bersaing dengan sesama jenisnya untuk bisa menarik perhatian ratu lebah. Saat lebah madu jantan terpilih, dia akan menggenggam ratu lebah. Proses reproduksi lebah madu jantan terjadi di udara saat ratu lebah terbang mencari pasangannya.

Baca juga: 5 Fakta Unik Pulau Komodo, Wajib Kunjungi Langsung!

Salmon Pasifik

Siklus hidup salmon pasifik ditandai dengan satu sifat reproduksi penting bernama ‘semelparity’. Itu berarti ikan salmon pasifik hanya bertelur sekali saja dan mati. Kondisi ini disebabkan perubahan hormon plasma, termasuk hormon reproduksi serta kortikosteroid yang berorientasi pada keberhasilan reproduksi.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!