Peter Carey: Raja Islam Jawa dengan Turki Utsmani Tak Ada Hubungan

Minggu, 23 Agustus 2020 - 14:30 WIB
click to zoom
Sejarawan Inggris yang memforkuskan diri pada penelitian tentang Perang Jawa (Perang Diponegoro), Peter Carey membantah adanya hubungan antara Kekhalifahan Utsmaniyah dan Kesultanan-Kesultanan Islam di Jawa seperti yang ada dalam film Jejak Khalifah di Nusantara.

Hal ini disampaikan Peter Carey dalam siaran pers yang ditulis oleh asisten penelitiannya, Christopher Reinhart. Hal ini berkaitan denganklaim adanya hubungan antara Kekhalifahan Utsmaniyah dan Kesultanan-kesultanan Islam di Jawa di dalam filmJejak Khilafah di Nusantarayang sempat mencatut namanya

BACA JUGA :

KEINDAHAN WAJAH BARU MASJID ISTIQLAL MEMBUAT BANYAK ORANG TERPANA

TAHUN BARU ISLAM TANGGALKAN PESIMISME, MELANGKAH PENUH OPTIMISME

Menurut Christopher Reinhart, Prof Carey mengirimkan email pada 16 Agustus kepada ahli sejarah hubungan Kekhalifahan Utsmaniyah-Asia Tenggara, Dr Ismail Hakki Kadi. Email itu dibalas pada 18 Agustus. Salah satu ini pokok pemikirannya:Tidak ada bukti dokumen di Arsip Turki Utsmani yang menunjukkan bahwa 'negara' Islam pertama di Jawa, Kesultanan Demak (1475–1558), utamanya raja pertamanya, Raden Patah (bertakhta, 1475–1518), memiliki kontak dengan Turki Utsmani.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!