Nasabah Lebih Milih Digital Banking, Gesek ATM Mulai Nggak Laku

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 19:30 WIB
click to zoom

Bank Indonesia (BI) mencatat nilai transaksidigital bangkingpada Juni 2020 tumbuh melesat dari 17,31% pada Mei 2020 menjadi 25,94% (year on year/yoy). Namun sebaliknya, perilaku nasabah menggunakan layanan transaksi nontunai menggunakan kartu ATM, kartu Debit, kartu Kredit, dan Uang Elektronik (UE) masih kontraksi 12,80% (yoy), meskipun membaik dari pertumbuhan pada Mei 2020 yang terkontraksi 24,46% (yoy).

"Bank Indonesia terus memperkuat berbagai perkembangan positif pada aktivitas ekonomi digital , termasuk peningkatan akseptasi masyarakat, sejalan berbagai inovasi yang dilakukan oleh para pelaku ekonomi digital," kata Gubernur BI Perry Warjiyoketerangan resminya di Jakarta, Kamis (20/8/2020).

BACA JUGA :

MERDEKA PAK JOKOWI! INI SARAN PELAKU USAHA UNTUK EKONOMI RI

PEMERINTAH SIAPKAN BANTUAN UNTUK KARYAWAN BERGAJI DI BAWAH RP5 JUTA

Bank Indonesia juga akan terus memperkuat sinergi dengan Pemerintah dan otoritas terkait untuk mendukung elektronifikasi penyaluran program bantuan sosial Pemerintah Pusat dan elektronifikasi transaksi keuangan Pemerintah Daerah, serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Simak selengkapnya di infografis.

(puq)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!