5 Jenis Vaksin Booster Covid-19 yang Diumumkan BPOM

Selasa, 11 Januari 2022 - 13:00 WIB
click to zoom
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) , Penny Lukito mengumumkan lima jenis vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan Emergency Use Autorization (EUA) atau izin penggunaan darurat untuk vaksinasi booster Covid-19. Pemberian EUA ini setelah BPOM melakukan evaluasi dan penelitian terhadap efektivitas dan keamanan vaksin Covid-19.

BACA JUGA: Cegah Penyebaran Omicron, RI Tutup Pintu bagi WNA dari 14 Negara

Dalam siaran pers yang disiarkan langsung di channel YouTube BPOM , Penny menjelaskan ada lima vaksin Covid-19 yang akan dijadikan booster. Vaksinasi booster ini sendiri dijadwalkan dimulai pada 12 Januari 2022 mendatang. Adapun kelima vaksin Covid-19 tersebut adalah:

BACA JUGA: Ini 7 Skenario Pemerintah Cegah Lonjakan Kasus Omicron

Vaksin Coronavac untuk booster homolog yang akan diberikan sebanyak 1 dosis setelah enam bulan dari vaksinasi primer dosis lengkap Coronavac Covid-19 untuk usia 18 tahun. Berdasarkan pertimbangan dari uji klinik, keamanan yang tidak diinginkan dan sering terjadi berhubungan dengan vaksin yaitu seperti nyeri di tempat suntikan, kemerahan, umumnya tingkat keparahannya level 1 dan 2. Selengkapnya lihat infografis.
(son)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!