Apakah Santan Kelapa Mengandung Kolesterol Tinggi? Ini Faktanya

Kamis, 06 Januari 2022 - 12:00 WIB
click to zoom

Makanan bersantan dipercaya banyak orang dapat memicu kolesterol tinggi. Kolesterol yang tinggi diketahui bisa menyebabkan terbentuknya endapan di dinding arteri. Santan memiliki warna putih seperti susu yang dihasilkan oleh parutan daging kelapa tua yang telah dibasahi, sebelum akhirnya diperas dan disaring. Meskipun santan mengandung lemak yang cukup tinggi, jenis lemak yang terkandung dalam santan adalah lemak nabati yang sehat. Artinya, santan tidak mengandung lemak jahat. Santan juga diketahui mengandung vitamin B dan antioksidan yang cukup tinggi.

Baca Juga : Ini Manfaat Daun Pandan Bisa Cegah Kolesterol Tinggi

Dilansir dalam laman Halodoc, Selasa (4/1/2022), ternyata santan tidak mengandung kolesterol sama sekali alias nol milligram. Pada porsi 100 gram santan, hanya ada sekitar 230 kalori, 5,54 gram karbohidrat, sodium, protein, lemak tidak jenuh ganda, lemak tidak jenuh tunggal, dan lemak jenuh.

Baca Juga : 5 Manfaat Pete untuk Kesehatan Selain Menurunkan Kadar Kolesterol

Walaupun santan aman dikonsumsi, tetapi dianjurkan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, terjadinya penumpukan lemak di dalam tubuh dapat memicu berbagai penyakit di antaranya jantung, stroke, atau masalah kardiovaskular lain.

(sam)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!