Fungsi Pelindung Matahari pada Teleskop James Webb

Jum'at, 31 Desember 2021 - 12:00 WIB
click to zoom
Teleskop Luar Angkasa James Webb milik NASA yang memiliki pelindung matahari telah memulai proses penggelaran pelindung matahari (sunshield) . Proses pembukaan pelindung matahari memakan waktu beberapa hari karena cukup rumit dan dilakukan secara perlahan-lahan.

NASA pada 28 Desember 2021 mengumumkan bahwa pengendali pesawat ruang angkasa telah memulai proses membuka pelindung matahari. Proses ini dimulai dengan menurunkan dua komponen yang disebut Unitized Pallet Structures. Satu bagian di sisi depan pesawat ruang angkasa dan bagian yang lainnya di belakang. Struktur depan terpasang sesuai posisinya pada pukul 13:21.

BACA JUGA :

DAMPAK MENGERIKAN JIKA JARAK BULAN LEBIH DEKAT KE BUMI

BUMI MENGALAMI SEKARAT LEBIH CEPAT DARI YANG KITA DUGA

Diikuti bagian yang belakang sekitar enam jam kemudian. Struktur pelindung matahari terdiri dari lima lapis disebut Kapton berlapis aluminium. Proses pemasangan pelindung matahari merupakan salah satu aspek yang paling berisiko. Pelindung matahari ini mempunyai fungsi yang penting, yaitu untuk menjaga agar teleskop tetap cukup dingin saat beroperasi di luar angkasa . Setelah terpasang, pelindung matahari akan menghalangi sinar matahari mencapai teleskop dan instrumennya.

Selengkapnya lihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!