Ngeri! Ini Negara-negara yang Banyak Menerapkan Hukuman Mati

Senin, 20 Desember 2021 - 14:00 WIB
click to zoom
Pelaksanaan eksekusi mati bagi para terdakwa hingga kini masih menjadi perdebatan. Menurut Balitbang Hukum dan HAM, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, perdebatan tersebut muncul karena hukuman mati dianggap melanggar hak yang paling dasar bagi manusia, yakni hak untuk hidup dan memperbaiki kehidupannya. Meskipun begitu, ada beberapa negara dengan implementasi hukuman mati paling banyak di dunia. Bahkan, angkanya menyentuh hingga seribu kasus per tahun.

1. China

Meskipun tidak ada data pasti berapa jumlah hukuman mati yang dijalankan di China, namun Death Penalty Information Center memprediksikan jumlahnya melebihi seribu kali di tahun 2019. Jumlah serupa juga dikabarkan dalam laporan ‘Death Sentences and Executions 2020’ yang dikeluarkan oleh Amnesty International.

BACA JUGA :

LIMA NEGARA YANG MENERAPKAN HUKUMAN KEBIRI

NEGARA-NEGARA YANG MEMILIKI TINGKAT BUNUH DIRI TERTINGGI DI DUNIA

Menurut laporan itu, China memang tidak pernah secara gamblang melaporkan angka hukuman matinya. Namun, fakta yang terdapat di lapangan membuktikan bahwa ribuan warga China mendapat hukuman mati setiap tahunnya. Situs berita Al Jazeera bahkan menyebut China merupakan negara algojo paling produktif di dunia karena mengeksekusi ribuan orang per tahunnya.
(had)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!