10 Ilmuwan Muslim yang Mengubah Wajah Ilmu Pengetahuan Dunia

Jum'at, 26 November 2021 - 19:15 WIB
click to zoom

Puncak kejayaan peradaban Islam berada pada era pertengahan saat banyak Muslim menjadi ilmuwan. Banyak ilmuwan Muslim yang menemukan metode-metode baru dan banyak merevisi penemuan-penemuan ilmuwan bangsa Barat. Bahkan, hasil penemuan ilmuwan Muslim menjadi barometer bagi ilmuwan dunia. Nah, berikut 10 ilmuwan muslim yang berpengaruh dalam kehidupan modern, seperti dihimpun dari kanal Youtube Data Fakta, Kamis (25/11/2021).

1. Jabir Ibn Yahya (721–815 Masehi)

Jabir Ibn Yahya merupakan orang pertama yang mampu mengidentifikasi bahan pelarut emas , asam sulfat, klorida, nitrat, dan alkali. Bahkan berkat hasil penemuan tersebut, dia dianggap sebagai The Father of Modern Chemistry atau ahli kimia modern pada masa perkembangannya.

BACA JUGA :

TRI MUMPUNI, ILMUWAN MUSLIM INDONESIA PALING BERPENGARUH DI DUNIA

ILMUWAN SINGAPURA UBAH KULIT DURIAN UNTUK PERBAN ANTIBAKTERI

2. Al Khawarizmi (780–850M)

Kemajuan teknologi saat ini tidak lepas dari penemuan Al Khawarizmi. Ia merupakan ilmuwan matematika penemu konsep Aljabar pada pelajaran matematika yang sangat berpengaruh bagi kemajuan teknologi. Bahkan kata Alogaritma berasal dari namanya yang kala itu dikenal bangsa Barat dengan sebutan Al Goritmi, Al Gorismi, atau Al Cowarizmi.

(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!