Cuaca Ekstrem dan Perubahan Iklim Jadikan Ukuran Burung Menciut

Jum'at, 19 November 2021 - 12:00 WIB
click to zoom
Tak hanya menimbulkan bencana, perubahan iklim ternyata mengubah banyak hal di bumi ini. Mulai dari kenaikan muka air laut, cuaca ekstrem, hingga perubahan bentuk hewan. Baru-baru ini, para peneliti kembali menambah gambaran dampak perubahan iklim bagi bumi. Kali ini, lewat perubahan konsisten selama puluhan tahun pada burung-burung di hutan hujan Amazon.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Science Advances pada 12 November lalu, para peneliti mengungkapkan data perubahan iklim di kawasan hutan Amazon.Dalam 50 tahun terakhir terjadi peningkatan suhu 1-1,56 derajat pada musim hujan dan kemarau. Sementara itu, curah hujan rata-rata meningkat hingga 13% pada musim hujan dan turun sampai 15% pada musim kemarau.

BACA JUGA :

3 EKOR MACAN TUTUL SALJU MATI AKIBAT TERINFEKSI VIRUS COVID-19

HEWAN PALING LAMBAT DI DUNIA, SALAH SATUNYA BIASA DI PEKARANGAN

Data perubahan iklim itu berkorelasi dengan perubahan data morfemik burung-burung. Peneliti mengumpulkan pengukuran massa tubuh dan panjang sayap puluhan ribu burung. Dari 77 spesies burung dari 22 keluarga yang ditangkap selama 40 tahun. Pengamatan terhadap data itu menghasilkan kesimpulan adanya penurunan massatubuh burung-burungsebesar 1,8% per dekade sejak 1980.

Selengkapnya llihat infografis
(rei)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!