Empat Hari Berjalan, PSBB di Jakarta Belum Efektif

Sabtu, 18 April 2020 - 12:51 WIB
click to zoom
click to zoom
Empat hari berjalan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah DKI Jakarta belum menunjukkan perubahan sig­nifikan. Kepadatan lalu lintas dan kerumunan orang masih ter­li­hat di berbagai tempat. Perlu upaya ekstrakeras semua pihak agar ikhtiar memutus mata rantai virus korona (Covid-19) benar-benar tercapai.

Apalagi, mulai besok PSBB diperluas hingga Bogor, Depok, dan Bekasi. Sedangkan di wilayah Tangerang Raya dimulai Sabtu (18/4). Kesadaran dan tang­gung jawab bersama seluruh masyarakat perlu te­rus didorong karena PSBB sangat sulit tercapai jika hanya mengandalkan regulasi, instruksi, atau sis­tem pengawasan di lapangan. Luasnya wilayah dan banyaknya penduduk tidak sebanding de­ngan aparat yang harus diterjunkan.

Di sisi lain, su­litnya penegakan aturan menjaga jarak aman (physical distancing) di tempat-tempat umum se­perti stasiun, halte, atau terminal juga di­se­bab­kan masih banyak kebijakan pemerintah yang belum komprehensif. Pembatasan kapasitas transportasi publik misalnya harus mem­per­tim­bangkan sejauh mana kebijakan bekerja dari ru­mah (work from home) dija­lan­kan perusahaan-perusa­ha­an di Jakarta.
(udi)
Dapatkan berita terbaru, follow WhatsApp Channel SINDOnews sekarang juga!