alexametrics

Menata Kondisi Lingkungan Kota untuk Menjaga Kesehatan Warga

david arif winarko
Kamis, 07 November 2019 - 11:48 WIB

Buruknya kondisi lingkungan perkotaan bukan berhenti pada masalah estetika saja. Di balik itu ternyata tersimpan ancaman terhadap kesehatan warganya, dalam hal ini meningkatkan risiko penyakit tidak menular atau Non-communicable Disease (NCD). NCD yang meliputi penyakit kanker, diabetes, kardiovaskular, dan pernapasan akut diyakini muncul akibat masalah sosial, ekonomi, dan lingkungan yang ditim­bulkan urbanisasi. Kondisi tersebut di­perkuat adanya faktor risiko seperti konsumsi rokok, konsumsi alkohol, ma­kan­an tidak sehat, dan rendahnya aktivitas fisik.

 

Ancaman NCD tidaklah main-main. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan,  risiko NCD di wilayah perkotaan telah menewaskan 41 juta orang per tahun di seluruh dunia. Selain itu tata kota juga bisa memicu risiko kecelakaan lalu lintas. Data WHO menyebut adanya 1,35 juta orang per tahun yang menjadi korban.

 

Mengingat besarnya korban, WHO menekankan perlunya upaya serius untuk mengatasi persoalan tersebut. Caranya? WHO mere­ko­men­­­dasikan pemerintah kota se­tem­pat untuk melakukan pem­be­nah­an di banyak sektor seperti mengurangi emisi, po­lusi, men­dorong mobilitas yang sehat, mengurangi gula, ga­ram, dan alkohol serta me­larang rokok. Simak data selengkapnya pada infografis.



(dvd)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)