Perusahaan Sri Lanka Bikin Bajaj Listrik Panel Surya Futuristis

Ahmad Hadi
Jum'at, 06 Agustus 2021 - 14:00 WIB
Transportasi umum roda tiga di Sri Lanka yang dinamakan Tuk Tuk sangat populer. Bentuknya nyaris mirip dengan transportasi roda tiga yang ada di Indonesia, Bajaj. Saking populernya transportasi itu, perusahaan teknologi Sri Lanka, Vega Innovation membuat sebuah kendaraan roda tiga konsep yang dinamakan ETX singkatan dari Electric Three-Wheeler.

Disebutkan Autoevolution merupakan transportasi roda tiga yang seluruhnya mengandalkan energi listrik untuk tenaga penggerak. Meski tampil sangat futuristis, Vega Innovation mengatakan harga transportasi roda tiga tersebut masih terjangkau. Pasalnya baterai yang digunakan ETX adalah baterai LFP (Lithium Iron Phospate) atau baterai lithium besi fosfat.

BACA JUGA : ----------------------------------------

ALASAN PENUMPANG AKAN MERASA AMAN DI DALAM MOBIL OTONOM ZOOX

5 MOTOR TERMAHAL DI DUNIA, HARGANYA CAPAI RP160 MILIAR

Diketahui baterai LFP memang lebih murah dibandingkan jenis baterai lainnya NCA dan NMC. Namun jenis baterai ini paling aman sebab suhunya lebih dingin dan tidak mudah meledak. Untuk penyediaan infrastruktur yang masih terbatas di Sri Lanka , Eva Innovation berinovasi dengan memasangpanel surya di ETX. Panel surya itu akan mensuplai kebutuhan listrik yang diperlukan apabila tenaga baterai yang ada di ETX menipis.

(had)
Terkait
More