ini Penyebab Sebagian Besar Sungai di Bumi Mengering

F. Reinaldo Nugraha
Rabu, 23 Juni 2021 - 11:00 WIB
Penyebab Sebagian Besar Sungai di Bumi Mengering . Dalam penelitian terbaru, para ilmuwan menemukan setidaknya lebih dari 50 persen sungai di seluruh dunia berhenti mengalir setidaknya satu hari per tahun. Ini harus menjadi peratian karena bisa menimbulkan efek jangka panjang yang luas.

Di iklim yang lebih dingin, sungai dapat membeku untuk sementara dan di iklim yang lebih hangat air dapat menguap sehingga aliran sungai terhenti.Di Australia, misalnya, 70 persen sungai dianggap tidak mengalir sepanjang hari.Ini adalah pertama kalinya para peneliti mencoba memetakan semua saluran air non-abadi di dunia, dan ternyata ada di mana-mana. Lebih dari setengahsungai di dunia berhenti mengalirdi beberapa titik dalam setahun.

BACA JUGA : ----------------------------------------

IKUTI LIMA LANGKAH INI, BISA MENCEGAH MOBIL TERBAKAR

MOBIL JARANG DIGUNAKAN DALAM WAKTU LAMA, BEGINI TIPS MERAWATNYA

"Sungai dan aliran air yang tidak abadi adalah ekosistem yang sangat berharga karena merupakan rumah bagi banyak spesies berbeda yang disesuaikan dengan siklus ada dan tidaknya air," kata ekohidrologi Mathis Messager dari McGill University di Kanada seperti dikutip Science Alert, Minggu (20/6/2021).

Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Terkait
More