Baterai Buatan Indonesia Akan Digunakan Mobil Listrik di Ibu Kota Baru

Masyhudi
Jum'at, 28 Mei 2021 - 19:00 WIB

Mining Industry Indonesia (MIND.ID) menargetkan mobil-mobil listrik yang akan digunakan di Ibu Kota baru di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara akan menggunakan baterai mobil listrik buatan Indonesia. Hal itu diungkap oleh Komisaris Utama MIND ID sekaligus Ketua Tim Percepatan Proyek Baterai Kendaraan Listrik atau Electric Vehicle (EV) Battery Agus Tjahajana Wirakusumah dalam diskusi daring Industri Baterai Nasional sebagai Energi Alternatif yang digelar Persatuan Insinyur Indonesia (PII) baru-baru ini.

Agus Tjahajana mengatakan dalam peta jalan produksi baterai di Indonesia, diharapkan pembangunan pabrik dengan teknologi High Pressure Acid Leaching (HAPL) akan selesai pada 2024. Setelah itu Indonesia akan berupaya menyelesaikan pabrik prekursor dan katoda. Pada 2025 menurut Agus Tjahajana pembangunan akan dilanjutkan dengan produksi cell to pack.

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

OPEL MELUNCURKAN MOBIL LISTRIK MANTA GSE BERGAYA KLASIK LEBANON LUNCURKAN MOBIL LISTRIK, TERINSPIRASI MASJID AL-AQSA ------------------------------------------------------------

"Selanjutnya kita berharap dan menargetkan di Ibu Kota baru EV (Electric Vehicle) yang ada di sana menggunakan baterai dari kita. Selain itu kita berharap pada 2030 bisa jual baterai 230.000 di kawasan ASEAN," jelasnya.



(udi)
Terkait
More