alexametrics

Diet Plastik Jadi Momentum Jadikan Lingkungan Lebih Bersih

David Arif Winarko
Kamis, 02 Juli 2020 - 10:30 WIB
Geser layar untuk melihat slide berikutnya>>

Berlakunya larangan penggunaan kantong plastik di DKI Jakarta mulai kemarin menjadi momentum dalam upaya menjadikan lingkungan lebih bersih. Penegakan aturan ini diharapkan diikuti daerah lain di Tanah Air agar target pengurangan sampah plastik hingga 30% tercapai pada lima tahun ke depan.

Saat ini jumlah sampah Indo­nesia per tahunnya men­ca­pai 65,8 juta ton. Dari ang­ka tersebut, sekitar 7,2 ton berupa sampah plas­tik. Dilihat dari angkanya yang luar biasa besar, jelas bu­kan pekerjaan mu­dah meninggalkan ke­bia­saan meng­gu­na­­kan kantong plas­tik. Namun, hal itu bukan tidak mung­kin bisa di­te­rap­kan apabila kon­su­men disiplin dan pe­me­rin­tah mam­pu me­ne­rap­kan aturan se­ca­ra tegas.

----------------------------------------------------------
BACA JUGA :
DIET KANTONG PLASTIK DI JAKARTA UNTUK SELAMATKAN LINGKUNGAN

CHINA JADI IMPORTIR LIMBAH ELEKTRONIK TERBESAR DI DUNIA
----------------------------------------------------------   

Jakarta memang bukan yang pertama memberlakukan larangan penggunaan kantong plastik. Sebelumnya se­jumlah daerah lain telah lebih dulu me­ne­rapkannya. K­ota Banjar­masin, Kali­man­tan Selatan; Bogor dan Bandung, Jawa Barat; Kota Balikpapan, Kalimantan Timur; dan Bali ada di antara daftar daerah yang menerapkan larangan penggunaan kantong plastik. Simak data selengkapnya pada infografis.

(vid)
Arsip Info Grafis (Static)