alexametrics

Kisah Orang-Orang Terdampar di Bandara, Paling Lama 17 Tahun

tirto wirawan
Rabu, 15 Januari 2020 - 20:35 WIB

Putar layar smartphone menjadi landscape dan swipe untuk melihat slide infografis selanjutnya >>

 

Bandara bukanlah tempat tinggal. Namun  karena berbagai sebab, sejumlah orang terpaksa hidup lama di bandara bahkan hingga bertahun-tahun. Sejumlah orang tidak diizinkan meninggalkan bandara tertentu sampai dokumen mereka beres. Sedangkan beberapa orang lain diketahui tidak memiliki alasan untuk pergi dari sebuah bandara. Berikut kisah orang-orang yang pernah ‘menginap’ di bandara dengan waktu lama.

 

------------------------------------------------------------

BACA JUGA:

SIDANG ELEKTRONIK: PROSES LEBIH CEPAT, MURAH, DAN TRANSPARAN

 

WASPADA! INI DAMPAK PERUBAHAN IKLIM BUAT KESEHATANMU

------------------------------------------------------------

 

Yang pertama, Mehran Karim Nasseri (17 Tahun) Mehran Karimi Nasseri diusir dari Iran karena ikut berdemo memprotes Shah Iran tahun 1970-an. Nasseri pun mengungsi ke Eropa, dan meminta suaka di beberapa negara Eropa, namun ditolak. 4 Tahun kemudian, dia mendapat status 'pengungsi' dari United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). 6 Tahun Nasseri tinggal di Belgia. Dia lantas berangkat ke Inggris dari Belgia, naik kereta melalui Paris. Di kereta, dia dirampok, tas yang berisi dokumen keimigrasian dan surat keterangan pengungsi dari UNHCR hilang. Sampai di Bandara Charles de Gaulle Prancis, anehnya, otoritas bandara tetap mengizinkannya terbang ke Inggris. Di Bandara Heathrow, London, Nasseri ditolak masuk. Nasseri dideportasi lagi dari Inggris ke Prancis. Di Prancis, Nasseri juga dilarang masuk. Akibatnya dia terdampar di Terminal Satu Bandara Charles de Gaulle selama 17 tahun.

 

Berikutnya, Anthony Delaney (3 Tahun) Pada 2004, Anthony Delaney kehilangan pekerjaan dan rumahnya. Dia tidak bisa menemukan pekerjaan baru, dan dia menjadi putus asa. Dia hanya menerima 236 poundsterling sebulan dari pemerintah Inggris— tidak cukup untuk bertahan hidup. Delaney tidak ingin tidur di jalanan, jadi dia pergi ke bandara Gatwick di London dan tinggal di tempat itu. Dia ditangkap beberapa kali. Pengadilan awalnya mengasihani dia. Delaney menghabiskan beberapa bulan di penjara. Dia kembali ke bandara setelah dia dibebaskan. Delaney telah menghabiskan lebih dari tiga tahun hidupnya tinggal di bandara ketika dia ditangkap untuk kelima kalinya. Simak dafar lengkap Kisah Orang-Orang Terdampar di Bandara ini pada infografis.



(tir)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)