Chatbot Semakin Pintar, Penggunaan Aplikasinya Meningkat

Sonny Unggara
Sabtu, 13 Maret 2021 - 17:00 WIB
Penggunaan aplikasi chatbot atau komputer robot yang mampu melakukan percakapan semakin meningkat. Dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih ini chatbot sudah bisa bersanding dengan manusia untuk menghadirkan layanan business to consumer. Keterbatasan interaksi akibat pandemi Covid-19 membuat chatbot semakin populer.

Aplikasi ini memiliki kemampuan mengobrol dengan manusia menggunakan Natural Language Processing (NLP) dengan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Bahkan, kemampuan merespons pertanyaan hingga keluhan dari konsumen kian cepat. Selain di sektor perbankan, chatbot banyak digunakan di sektor kesehatan dan e-commerce .

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

SEBULAN, TIKTOK RAIH RAUP PENDAPATAN RP1,5 TRILIUN

MALWARE BERBAHAYA KEMBALI ANCAM PENGGUNA ANDROID

------------------------------------------------------------

Menggunakan program komputer berbasis AI, chatbot dapat berinteraksi layaknya manusia. Founder dan CEO Botika, Ditto Anindita, mengungkapkan, sektor yang menggunakan chatbot paling tinggi yakni layanan kesehatan. Botika, misalnya, bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan menghadirkan chatbot untuk menjawab pertanyaan seputar Covid-19 secara umum seperti gejala dan lainnya.

(son)
Terkait
More