alexametrics

Jangan Panik, Berikut Tips untuk Menghadapi Terjangan Banjir

david arif winarko
Kamis, 02 Januari 2020 - 16:45 WIB

Di kota-kota besar banjir telah menjadi momok menakutkan selama bertahun-tahun. Kesadaran masyarakat akan alam yang kurang, buruknya sistem tata saluran kota, hingga kondisi dataran yang nyaris sejajar dengan air laut menjadi penyebab klasik rata-rata tiap daerah. Banjir besar dan longsor yang menerjang Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) serta sejumlah daerah di Indonesia, kemarin, menimbulkan banyak korban jiwa. Minimnya peringatan dini dan lemahnya koordinasi membuat dampak bencana sulit diantisipasi.

 

------------------------------------------------------------

BACA JUGA :

HUJAN DERAS, BANJIR BESAR TERJANG DKI JAKARTA DAN SEKITARNYA

 

TERKAMAN SI ELANG HITAM, BUKTI INDONESIA BISA MANDIRI

 ------------------------------------------------------------

 

Lambannya evakuasi membuat sejumlah warga me­ning­gal lan­tar­an ke­dinginan (hi­po­ter­mia) di tengah ban­jir. Misalnya yang dialami M Ali, 82, Siti Hawa, 72, dan Willi Su­rah­man, warga Kampung  Cipinang Me­layu, Jakarta Timur. Dua warga lain­nya juga tewas tersetrum ka­re­na tak menyadari aliran listrik me­nge­nai air yang menggenangi rumah­nya. Dua warga yang tewas ter­se­trum adalah Nurjanah, 27, war­ga Lagoa, Koja, Jakarta Utara dan Arfico Arif, 16, warga Ke­ma­yoran, Jakarta Pusat.

 

Banjir dan longsor yang me­nerjang Jakarta dan wilayah se­kitarnya kali ini banyak me­nga­get­kan warga. Mereka tak me­nyangka hujan yang turun sejak Selasa (31/12) sore hingga ke­ma­rin intensitasnya sangat ting­gi. Sosialisasi bakal da­tangnya curah hujan yang tinggi di masa pergantian tahun 2019 ke 2020 ini tergolong minim. Ini membuat warga kurang mem­per­siapkan secara dini saat tiba-tiba bencana datang. Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, data dan potensi ben­ca­na semestinya sudah bisa di­sam­paikan ke publik jauh-jauh hari. Harapannya, masyarakat menjadi lebih sadar dan meng­an­tisipasi dengan langkah-lang­kah preventif. Simak tips menghadapi terjangan banjir pada infografis.
 



(dvd)
Arsip Info Grafis (Static)
Arsip Info Grafis (Interaktif)
Arsip Info Grafis (video)