alexametrics

Lima Arahan Jokowi Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional

F. Reinaldo Nugraha
Kamis, 04 Juni 2020 - 14:00 WIB
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan arahan khusus terkait program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Setidaknya ada 5 arahan Jokowi kepada para menteri untuk menjaga roda ekonomi. Pertama, Ia menyampaikan kepada jajaranya untuk menyiapkan program PEN yang tepat serta dieksekusi dengan cepat. Tujuannya agar perekonomian Indonesia tidak terkoreksi lebih dalam lagi.

------------------------------------------------------------
BACA JUGA:
SUBSIDI LISTRIK DIPERPANJANG, KONDISI KEUANGAN PLN TETAP AMAN

EKONOMI JALAN, KESEHATAN TERJAGA DAN BERSIAP NEW NORMAL
------------------------------------------------------------

“Ekonomi kita hanya mampu tumbuh 2,97% (kuartal pertama) dan kuartal kedua, ketiga, dan keempat kita harus mampu menahan agar laju pertumbuhan ekonomi tidak merosot lebih dalam, tidak sampai minus, dan kita harapkan pelan-pelan bisa rebound," kata Jokowi dalam rapat terbatas via konferensi video di Jakarta, Rabu (3/6/2020).

Kedua, Jokowi meminta skema program PEN yang dirancang seperti subsidi bunga untuk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), penempatan dana bank terdampak restrukturisasi hingga penyertaan modal negara (PMN) modal kerja. Jokowi menambahkan, PEN harus memberikan manfaat nyata pada pelaku usaha, terutama pada pelaku industri padat karya.  Selengkapnya lihat infografis

(rei)
Arsip Info Grafis (Static)