Komunitas Agama dan Ormas Berperan Aktif Cegah Covid-19

David Arif Winarko
Kamis, 26 November 2020 - 10:00 WIB
Upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 yang dilakukan pemerintah melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 bersama seluruh unsur lapisan masyarakat di tanah air sejauh ini sudah cukup baik. Namun, upaya ini terasa sia-sia menyusul ma­rak­nya kerumunan yang mendatangkan massa dalam jumlah besar.

Berdasarkan pengamatan KORAN SINDO, ada sejumlah kerumunan besar yang belakangan jadi sorotan, dari ke­rumunan aksi demonstrasi, kampanye pilkada, pesta pernikahan, hingga keru­munan terkait kegiatan keagamaan. Hal yang memprihatinkan, kerumunan tersebut cenderung mengabaikan pro­tokol kesehatan, tidak memakai mas­ker, dan menjaga jarak.

------------------------------------------------------------
BACA JUGA :
INGIN BELI VAKSIN COVID-19 VIA ONLINE? BEGINI CARANYA!

ARAB SAUDI BAKAL GRATISKAN VAKSIN COVID-19 UNTUK WARGANYA
------------------------------------------------------------

Pemerintah sudah berulang kali meng­imbau untuk sebisa mungkin meng­hindari kerumunan. Teguran secara lisan hingga sanksi administrasi sampai pembubaran sebuah acara yang mendatangkan kerumunan massa su­dah kerap dilakukan. Namun, memang upaya ini tidak mudah, apalagi jika ke­rumunan tersebut terkait kegiatan ke­agamaan.Simak data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Ja­karta pada infografis.

(vid)
Terkait
Lainnya
Interaktif